Dinas PUPR Cek Standarisasi Ketebalan Timbunan Tanah Peningkatan Jalan TMMD 120 Selat Beting

Labuhanbatu News

Wantaranews.com  – Labuhanbatu
Permasalahan dalam kepadatan lapisan tanah di lapangan merupakan salah satu hal yang sangat penting, terlebih dalam bidang pembagunan jalan. Karena jalan bukan hanya untuk sementara waktu digunakan. Jadi perlu dicek semua kadar unsur tanahnya. Untuk memastikan ketebalan tanah tersebut perlu diturunkan tim ahli yang membidanginya. Seperti dalam kegiatan TMMD 120 Kodim 0209/LB di Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara (Sumut). Di desa yang memiliki 14 dusun tersebut Satgas sedang mengerjakan peningkatan badan jalan sepanjang 1.550 meter lebar 5,5 meter dari Desa Selat Beting ke Desa Sei Siarti.

Disini sejak awal dibuka TMMD hingga memasuki pekan keempat untuk kegiatan fisik utama tersebut hasilnya sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Meskipun belum tuntas semua.

Hari ini, Selasa 04 Juni 2024 Tim Laboratorium Dinas PU PR Kab.Labuhanbatu melaksanakan pemeriksaan standarisasi ketebalan timbunan pada sasaran peningkatan badan jalan TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB.

Amatan awak media Tim Laboratorium Dinas PU PR Kab.Labuhanbatu diantaranya Kabid Jalan Dinas PU PR Labuhanbatu Lukman Harahap, S.T beserta 2 orang anggota didampingi Bati Bhakti Siterdim Peltu Zulfahri Harahap dan Babinsa Desa Selat Beting Serda TP Manullang melakukan oengukuran sencon/ketebalan timbunan dan kepadatan lapisan tanah dengan metode SandCone Test.

SandCone Test merupakan metode yang dilakukan untuk mengetahui kepadatan dari lapisan tanah atau perkerasan tanah yang yang telah dipadatkan. Untuk melakukan metode ini ada beberapa peralatan yang harus disiapkan seperti halnya corong kalibrasi pasir, pelat untuk corong, palu, sendok, kuas pahat, peralatan pencair kadar air, timbangan dengan kapasitas 10kg , dan tempat penampungan tanah.

“Dengan adanya uji tes ini maka diharapkan dapat menjadikan pembangunan/peningkatan badan jalan dengan ketebalan tanah yang sesuai maka dapat bertahan dengan baik dengan dasar pondasi kokoh yang dimiliki pada pembangunan, “ujar Pasiter Kapten Inf Sugianto.  @ Ridcat/Pendim 0209/LB

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *