Pahala bagi orang yang membaca alqur’an

Langkat

Wantaranews.com – Langkat

Pada umumnya para remaja/i, bapak – bapak dan omak – omak muslim melakukan kegiatan tadarus dimesjid – mesjid dan musholla di lingkungannya baik di kota maupun di desa pada bulan suci Ramadhon.

Mereka semua berlomba – lomba untuk agar dapat menghatamkan Alqur’an.

Bagi orang yang dapat menghatamkan alqur’an baik sendiri, kelompok sang maha pencipta bumi dan langit beserta isinya akan memberikan pahala bagi nya. Adapun besarnya pahala bagi orang yang membaca Alqur’an sebanyak jumlah hurup didalam Alqur’an.

Ramadan ini, seruan untuk khatam Al-Quran menggaung di mana-mana. Tentu karena pahalanya yang besar dan berlipat ganda. Jangankan Ramadan, di bulan lain pun satu huruf yang dibaca dibalas 10 kebaikan.

Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Quran, maka ia mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dibalas pahala 10 kali lipat seumpamanya. Ingat, aku tidak bilang Alif Lam Mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Hakim).

Nah, jadi penasaran. Berapa sih, total huruf dalam Al-Quran.
Berapa besar pahala yang diberikan saat kita khatam.

Ada beberapa pendapat terkait total huruf Al-Quran. Hal ini dimuat dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Adzhim, yang ditulis salah satu ulama besar Ibnu Katsir.

Jumlah huruf Al-Quran menurut Abdullah ibn Katsir yang diriwayatkan dari Mujahid, ‘Ini adalah hitungan kami dari Al-Quran, yaitu 321.180 huruf. Sedangkan menurut Al-Fadl yang diriwayatkan dari ‘Atha bin Yasar adalah 323.015 huruf. Menurut Salam Abu Hamid Al-Hamany adalah 340.740 huruf, menurut beliau ini adalah hujjah yang dipakai para ahli qiraah, dan para huffadh Al-Quran.”

Jika kita memakai pendapat yang terakhir, itu berarti pahala yang menanti orang yang khatam Quran mencapai 3.407.400 kebaikan!

Nah, itu kalau kita baca sendiri. Bagaimana bila kita bersedekah Al-Quran, lalu dari situ banyak orang khatam Quran karena membaca Quran hasil sedekah kita.

Masya Allah. Masya Allah. Masya Allah. Luar biasa kebaikan yang bisa kita dapatkan.

Oleh karena itu, yuk kita ikutan program Sedekah Al-Quran Nasional. Semoga dari sedekah jariyah ini bisa menambah pundi-pundi amal baik kita, meski suatu hari nanti kita telah meninggal dunia. @ USMAN, S.Pd

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *